Tuesday, November 13, 2012

SUMPAH SEJATI DAN BESIFAT ABADI

Posted by Liea Iskandar On 7:08 AM

Sebagaimana kita ketahui bersama bunyi sumpah pemuda itu sebagai berikut:

-Kami poetera dan poeteri indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah indonesia.

-Kami poetera dan poeteri indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa indonesia.

-Kami poetera dan poeteri indonesia mendjoendjoeng bahasa persatuan, bahasa indonesia.

Demikian pernyataan isi "Sumpah Pemuda" sebelum menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan. Dengan demikian sumpah pemuda merupakan sumpah setia dari hasil rumusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia atau yang dikenal dengan Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II. Nah, melalui kongres itulah kita bisa mengenal Sumpah Pemuda tersebut. Dan sebagai mana disebutkan :

Kongres Pemuda I berlangsung di Jakarta, 30 April-2 Mei 1926. Di kongres itu, mereka membicarakan pentingnya persatuan bangsa bagi perjuangan menuju kemerdekaan. Pada 27-28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia kembali mengadakan Kongres Pemuda II dan tepat pada 28 Oktober, seluruh peserta membacakan Sumpah Pemuda sehingga momen bersejarah tersebut ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Dan sebagaimana sumpah pemuda dirumuskan oleh Mohammad Yamin di sebuah kertas saat mendengarkan pidato dari Mr Sunario pada hari terakhir kongres sebagai berikut :

Inti dari isi Sumpah Pemuda itu adalah Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Inilah yang selalu menjiwai pemuda-pemudi Indonesia dalam merebut dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia, dan sebagai mana semangat baru ini dikobarkan para pemuda ditengah masa penjajahan. Dengan satu tujuan mencapai cita-cita

negara Indonesia yang berdaulat. Berbagai peristiwa mewarnai perjuangan mereka dan rela berkorban hanya untuk mengedepankan persatuan, kesatuan, dan tujujan kemerdekaan. Pada saat itu, orang berbicara tentang pentingnya kesatuan, karena melihat kondisi kehidupan masyarakat terpecah-pecah oleh kolonialisme Belanda.

Ketika akhirnya tebentuk negara Indonesia pada tahun 1945, dan pada masa pembentukan itu Indonesia mengalami krisis kesatuan dan kebangsaan. Era yang dalam bentangan sejarah disebut masa demokrasi‐liberal, yang ditandai dengan berbagai pemberontakan daerah dan mengakar kuatnya partai politik. Masa-masa yang dilalui dari era

demokrasi terpimpin, orde baru, hingga reformasi. Rentang waktu sejarah perjalanan bangsa indonesia sudah cukup panjang. Dan berikut adalah tokoh-tokoh yang terlibat :

Yang menjadi pengurus, Soegondo Djojopoespito dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) sebagi ketua dan wakilnya, RM Djoko Marsaid (Jong Java). Sementara Mohammad Yamin dari Jong Sumateranen Bond sebagai sekretaris dan bendaharanya Amin Sjarifuddin (Jong Bataks Bond). Mereka juga dibantu Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond), R Katja Soengkana (Pemuda Indonesia), Senduk (Jong Celebes), Johanes Leimena (Jong Ambon) dan Rochjani Soe’oed (Pemuda Kaum Betawi).

Sumpah Pemuda pun kemudian menjadi senjata ampuh untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kesadaran para pemuda Indonesia saat itu pun semakin kuat karena mereka tidak berjuang sendiri. Maka tak heran, Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dan kini, kita sebagai generasi penerus perlu merenungi kembali makna sumpah pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Tapi apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh. Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika tanah air ini aman-aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan ikut memudar ?

Yang dimana sumpah sendiri mempunyai arti dan makna pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau sesuatu yang dianggap suci. Dan didalam sumpah sendiri tentunya tidak ada kata main-main dan didalam pengucapannya juga tentunya segala yang telah di ucapkan harus dilaksanakan, namun tetapi pada kenyataanya, banyak kaum muda saat ini yang mencoreng dirinya sendiri sebagai generasi penerus bangsa sebagai sosok yang tidak berguna dengan pergaulan yang dilarang dalam agama dan hukum, seperti pecandu narkoba, dan bertindak semaunya tanpa berfikir rasional. Banyak alasan yang mereka kemukakan sebagai pembelaan diri, tetapi sebagai kaum pemuda yang menjadi harapan bangsa harus selalu melihat kedepan dengan segala kemampuanya berusaha dengan sebaik mungkin dan menjadi kebanggaan baik didalam keluarga atau masyarakat, juga mengabdi kepada agama dan bangsa. Dan para pemuda penerus bangsa indonesia tentunya juga harus lebih cerdas lagi jika ingin menjadikan bangsa indonesia menjadi bangsa yang cerdas.

Dan berlanjut kepada demokrasi yang kita jalani sekarang tentunya bisa memberikan berbagai dampak positif dan negatif, apabila tak diikuti dengan kesadaran semangat kebangsaan yang tinggi, tentu saja demokratisasi tidak membuat kita terpecah. Semangat dan jiwa Sumpah Pemuda perlu digelorakan kembali dalam jiwa kaum muda sekarang. Masa depan bangsa ini terletak pada etos kerja dan semangat kaum muda. Dalam sejarah bangsa manapun di dunia, kaum muda tetap menduduki posisi penting pada setiap perubahan. Sumpah Pemuda berkumandang, gelora dan semangat kaum muda dituntut di masa sekarang, dengan tujuan memperbaiki kondisi ekonomi bangsa dan mensejaterakan rakyat Indonesia. Bangkit dan Berjuanglah Pemuda Pemudi Indonesia........! (Arianda Tanjung Waspada Online dan www.garutkab.go.id)

Disini kita dapat menyimpulkan bahwa arti dari sumpah pemuda yaitu :

1. Mendorong semangat kesatuan kebangsaan untuk menjadikan para pemuda-pemuda bangsa indonesia menjadi pemuda yang mampu membawa bangsa indonesia menjadi bangsa yang lebih baik.

2. Mendorong semangat para pemuda bangsa indonesia uantuk mencapai kemerdekaan yang abadi.

3. Pertumbuhan bahasa indonesia dan seluruh budaya indonesia adalah salah satu bukti perjuangan para pejuang muda bangsa indonesia.

Dan dari kita semua berfikir bahwa makna sumpah pemuda yaitu dimana pemuda indonesia harus selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa indonesia, karena harkat dan martabat tersebut sepenuhnya berada pada tangan-tangan pemuda bangsa yang nilai harkatnya sempurna, sempurna disini berarti para pemuda bangsa indonesia memiliki nilai-nilai dan aspek-aspek sumpah pemuda yang bisa menjadi acuan dan pemicu pertumbuhan dan perkembangan para pemuda-pemuda indonesia untuk bisa membawa bangsa indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan tentunya sesuai dengan dasar negara kita sebagaimana selogan Ir. Soekarno yang berbunyi :

clip_image001 Beri aku 1000 orang tua

Niscaya akan kucabut semeru dari akarnya

clip_image001[1] Beri aku1 pemuda

Niscaya akan aku guncang dunia

Tentunya selogan ini mempunyai arti yang sangat dalam, dan kita sebagai pemuda penerus bangsa tentunya harus bisa membuat bangsa indonesia menjadi bangsa yang kedepannya bisa lebih baik lagi. Dan tentunya kita tahu sendiri bangsa indonesia terkenal bangsa yang terbesar di dunia, dan jika kita berfikir dengan logika tentunya para pemuda indonesia lebih banyak dibandingkan negara yang lain, tapi mengapa negara kita bisa tertinggal jauh dari negara-negara lain, apakah para pemuda indonesia tidak mengetahui pondasinya sendiri yaitu (Sumpah Pemuda). Maka dari itu marilah para pemuda indonesia kita sama-sama menyadari bahwa kita ini adalah penerus bangsa dan tentunya kita harus bisa membawa nama bangsa indonesia melambung tinggi di angkasawan.

Referensi :

· Arianda Tanjung Waspada Online dan www.garutkab.go.id

· http://www.artikata.com/arti-352402-sumpah.html

· http://nasional.inilah.com/read/detail/1920458/makna-sumpah-pemuda-harus-dipahami-seluruh-bangsa

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Ads