Thursday, November 8, 2012

PERALATAN I/O DAN PERINSIP KERJANYA

Posted by Liea Iskandar On 12:01 PM

Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap komputer. Keyboard berupa papan yang berisi tombol tekan yang dapat menghasilkan karakter di layar sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.

    Mouse adalah perangkat komputer yang dapat mengaktifkan pilihan secara leluasa di layar Windows.

    Mouse mempunyai sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya. Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik. Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya.

    Sensor mouse ini terdiri dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal. Untuk mouse jenis baru juga sudah dilengkapi dengan roda yang timbul di permukaan atas mouse (disebut wheel button) sehingga pemakai dapat menggulung lembaran dokumen/ layar dengan mudah dan cepat. Bahkan saat ini sudah beredar mouse dan keyboard yang tidak menggunakan kabel penghubung dengan CPU-nya melainkan dengan sinyal optis sehingga disebut sebagai optical mouse/ keyboard.

    Berikut adalah bentuk-bentuk mouse yang banyak dipakai dalam mengoperasikan Personal Computer;

    Light-pen adalah alat masukan komputer yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari gambar atau dokumen melalui cahaya. Perbedaan terang dan gelap dari dokumen ditransfer ke dalam sinyal listrik dan dikonversikan agar dapat dipahami oleh komputer.

    Alat ini berbentuk sebuah pena dengan ujung berupa lensa. Informasi yang diambil terbatas sesuai dengan ukuran lensanya. Jika lensanya di tempat dekat dengan informasi yang akan diambil dan tombol operasinya ditekan, maka informasi ini akan ditampilkan di layar monitor. Informasi ini dapat disimpan dalam bentuk file sendiri atau digabung dengan file dokumen lainnya.

    Scanner adalah perangkat input yang dapat mengambil informasi berupa gambar dan teks dengan kualitas yang tinggi. Dilihat dari prinsip kerjanya, scanner merupakan pengembangan dari teknologi light-pen.

    Scanner mengambil informasi atau gambar dengan cara menyapu/ memindai seluruh bagian gambar dari salah satu sisinya. Hasil sapuan (scan) ini diberikan ke   komputer dan ditampilkan di layar monitor. Selanjutnya gambar ini dapat disimpan dalam bentuk.

    Sebelum scanner dapat digunakan pada komputer harus dimasukkan program penggeraknya (driver) terlebih dahulu. Dengan adanya driver ini, scanner dapat dioperasikan dengan mudah.

    Bentuk scanner yang sudah banyak dipakai dalam sistem PC adalah seperti berikut :

    - Disk drive adalah perangkat standar yang harus ada pada sebuah Personal Computer. Alat ini digunakan untuk memberikan data dari luar PC atau untuk menerima data dari PC. Disk drive ini ada bahan lentur (floppy) dan ada yang bahannya keras (hard disk).

    -Floppy disk drive tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Saat ini yang banyak digunakan adalah disk drive dengan ukuran 3,5 inci berkapasitas 1,44 Mega byte. Di samping itu juga telah tersedia disk drive dengan kapasitas mendekati kapasitas hard disk. Disk drive ini memang tidak bisa mengakses floppy disk biasa melainkan jenis disk yang lain

    , misalnya zip drive, jaz disk, compact disk (CD), digital video disk (DVD), dan lain-lain.

    Light-pen adalah alat masukan komputer yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari gambar atau dokumen melalui cahaya. Drive ini dikenal dengan nama non removable disk drive. Hard disk drive ini mempunyai piringan dengan permukaan yang sangat halus. Ada beberapa piringan dan setiap piringan terdapat dua kepala (head) baca/tulis. Head ini dipegang oleh lengan (arm) yang

    dapat bergerak dalam jarak tertentu dari pinggir piring (plate) menuju arah titik pusat lingkarannya.

    Pengaturan bekerjanya piringan dan head ditentukan rangkaian pengatur hard disk dan transfer data dari dan ke hard disk. Hard disk ini mempunyai persyaratan dalam pemakaian dan penyimpanannya, antara lain adalah :

    · Jangan ada benturan keras

    · Jangan disimpen di tempat yang panas

    · Jangan membuka tutup kotak hard disk di tempat terbuka

    · Jauhkan dari medan magnet

    Jika hal di atas di abaikan besar kemungkinan akan terjadi kerusakan fisik atau kehilangan data dari hard disk

    Joystik merupakan peralatan tambahan yang diperuntukkan bagi pemakai dalam kreasi permainan. Joystik bekerja melalui fasilitas game port yang telah tersedia dalam rangkaian peripheral PC. Bentuk dasar joystik ini dapat digambar seperti berikut ini

    Piranti masukan yang menggunakan media magentis. Alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta dari gambar ke kertas layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA.

    Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

    Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini miripmouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

    0- Microfon

    Microfon merupakan alat input dengan caramengeluarkan suara. Ini biasanya untuk aplikasi multimediaatau lebih popular untuk keperluan audio. Selain berfungsisebagai salah satu alat sumber input yang semakin popular,audio juga mampu berperan sebagai output. Output audio bisa dalam bentuk musik, suara atau juga kesan khas audio.Speaker merupakan komponen yang mewujudkan komputer mengeluarkan audio yang bisa diterima oleh pengguna

    0- Perangkat Output

    Monitor dan jenisnya

    Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data atau pun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat), dan layar dengan teknologi LCD.

    LCD TFT

    Plasma,

    - TFT Glass terdiri dari beberapa lapis yang masing-masing mempunyai fungsi.

    - Liquid crystals bergerak dengan tegangan tertentu

      Monitor CRT ( Cathode Ray Tube )

      Printer dan jenisnya

      Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter. Jenis printer:

    - Dot matrix printer: printer yang menggunakan susunan pin yang akan menekan ribbon kertas kertas.

    - Laser Printer: gabungan teknologi laser dengan fotocopy, output digital dari komputer akan diubahmenjadi pulsa sinar laser. Bayangan yang ditangkap di drum akan dikirim kekertas dengan proses seperti mesin fotocopy.

      Speaker

      speaker atau sistem speaker merupakan sebuah transduser elektroacoustical yang mengubah sinyal listrik ke bentuk getaran suara. Speaker adalah mesin pengubah terakhir atau kebalikan dari mikropon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi vibrasi-vibrasi fisik untuk menghasilkan gelombang-gelombang suara.

      Data projektor

      Data projector merupaka suatu perangkat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan kelayar yang lebih besar.

      Peralatan input output (i/o)

      1. Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap computer.

      2. Mouse adalah perangkat komputer yang dapat mengaktifkan pilihan secara leluasa di layar Windows.

      3. Scanner adalah perangkat input yang dapat mengambil informasi berupa gambar dan teks dengan kualitas yang tinggi.

      4. Light-pen adalah alat masukan komputer yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari gambar atau dokumen melalui cahaya.

      5. Joystik merupakan peralatan tambahan yang diperuntukkan bagi pemakai dalam kreasi permainan. Joystik bekerja melalui fasilitas game port yang telah tersedia dalam rangkaian peripheral PC.

      6. Track ball merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini miripmouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

      7. Microfon merupakan alat input dengan caramengeluarkan suara.

      8. Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.

      9. Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas.

      10. speaker atau sistem speaker merupakan sebuah transduser elektroacoustical yang mengubah sinyal listrik ke bentuk getaran suara.

      11. Data projector merupaka suatu perangkat yangmengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan kelayar yang lebih besar.

      KESIMPULAN

      Input device adalah alat yang digunakan untuk menerimainput dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem computer, input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

      Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, trackball, touch screen, light pen dll). Sedangkan

      Output device biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.

      DAFTAR PUSTAKA

      - http://prawira.comlu.com/index.php?option=com_content&view=article&id=14:input&catid=5:e

      - http://wilva.blogspot.com/2011/03/peralatan-input.html

      - http://elektronika-dasar.com/teori-elektronika/loudspeaker/

      - www.alonearea.com, Diposkan oleh Diana Nabihah Adzhani di 05:35

    Categories:

    0 comments:

    Post a Comment

    Ads