Saturday, December 29, 2012

Memori

Posted by Liea Iskandar On 8:03 AM

ram Memori semikonduktor adalah elektronik perangkat penyimpanan data yang , sering digunakan sebagai memori komputer , diimplementasikan pada sebuah semikonduktor berbasis sirkuit terpadu . Hal ini dibuat dalam berbagai jenis dan teknologi.

Memori semikonduktor memiliki sifat akses acak , yang berarti bahwa dibutuhkan jumlah waktu yang sama untuk mengakses setiap lokasi memori, sehingga data dapat diakses secara efisien dalam urutan acak. [1] Hal ini kontras dengan media penyimpanan data seperti hard disk dan CD yang membaca dan menulis data secara berurutan dan karena data hanya dapat diakses dalam urutan yang sama itu ditulis. Memori semikonduktor juga memiliki lebih cepat waktu akses daripada jenis lain dari penyimpanan data, sebuah byte data dapat ditulis atau dibaca dari memori semikonduktor dalam beberapa nanodetik , sedangkan waktu akses untuk memutar penyimpanan seperti hard disk dalam kisaran milidetik. Untuk alasan itu digunakan untuk main memori komputer (penyimpanan utama), untuk menyimpan data komputer saat ini bekerja pada, antara penggunaan lainnya.

Pergeseran register , register prosesor , data buffer dan register digital kecil yang tidak memiliki alamat memori mekanisme decoding tidak dianggap sebagai memori meskipun mereka juga menyimpan data digital.

Deskripsi

Dalam chip memori semikonduktor, setiap bit data biner yang disimpan dalam sirkuit kecil yang disebut sel memori yang terdiri dari satu sampai beberapa transistor . Sel-sel memori diletakkan dalam array persegi panjang pada permukaan chip. The 1-bit sel memori yang dikelompokkan dalam satuan kecil yang disebut kata-kata yang diakses bersama-sama sebagai alamat memori tunggal. Memori diproduksi di panjang kata yang biasanya kekuatan dari dua, biasanya N = 1, 2, 4 atau 8 bit.

Data diakses dengan menggunakan biner alamat memori diterapkan pada chip memori. Jika alamat memori terdiri dari bit M, jumlah alamat pada chip adalah 2 M, setiap kata yang mengandung bit N. Akibatnya, jumlah data yang disimpan dalam chip setiap N 2 M bit. [1] angka yang mungkin adalah 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256 dan 512 kilobit , megabit , gigabit dan terabits , di sini didefinisikan oleh prefiks biner . Saat ini (2012) chip semikonduktor terbesar memori memegang beberapa gigabit data, namun kapasitas memori yang lebih tinggi terus-menerus dikembangkan. Dengan menggabungkan beberapa sirkuit terpadu, memori dapat diatur menjadi sebuah kata panjang yang lebih besar dan / atau ruang alamat dari apa yang ditawarkan oleh setiap chip, sering tapi tidak selalu kekuatan dua . [1]

Dua operasi dasar yang dilakukan oleh sebuah chip memori yang "membaca", di mana isi data dari sebuah kata memori dibacakan, dan "menulis" di mana data disimpan dalam memori kata, mengganti data yang sebelumnya disimpan di sana.

Selain chip memori mandiri, blok memori semikonduktor adalah bagian integral dari banyak komputer dan pengolahan data sirkuit terpadu. Misalnya mikroprosesor chip komputer yang menjalankan mengandung memori cache untuk menyimpan instruksi menunggu eksekusi.

Jenis

RAM ( Random access memory ) telah menjadi istilah generik untuk setiap memori semikonduktor yang dapat ditulis, serta membaca, berbeda dengan ROM (bawah), yang hanya dapat dibaca. Perlu dicatat bahwa semua memori semikonduktor, bukan hanya RAM, memiliki sifat random access .

Volatile memori kehilangan data yang tersimpan ketika kekuatan untuk chip memori dimatikan. Namun bisa lebih cepat dan lebih murah daripada non-volatile memori. Tipe ini digunakan untuk memori utama di kebanyakan komputer, karena data disimpan pada hard disk saat komputer dimatikan. Tipe utama adalah: [2] [3]

  • DRAM ( Dinamis random-access memory ) yang menggunakan sel-sel memori yang terdiri dari satu kapasitor dan satu transistor untuk menyimpan setiap bit. Ini adalah yang termurah dan tertinggi dalam kepadatan, sehingga digunakan untuk memori utama dalam komputer. Namun muatan listrik yang menyimpan data dalam sel memori perlahan kebocoran off, sehingga sel-sel memori harus secara berkala refresh (ditulis ulang), membutuhkan sirkuit tambahan. Proses refresh otomatis dan transparan kepada pengguna.
    • FPM DRAM ( halaman DRAM Fast mode ) Sebuah tipe yang lebih tua dari DRAM asynchronous yang meningkat pada jenis sebelumnya dengan memungkinkan akses diulang ke "halaman" tunggal memori terjadi pada tingkat yang lebih cepat. Digunakan pada pertengahan 1990-an.
    • EDO DRAM ( Data diperpanjang keluar DRAM ) Sebuah tipe yang lebih tua dari DRAM asynchronous yang memiliki waktu akses yang lebih cepat daripada jenis sebelumnya dengan mampu memulai akses memori baru sedangkan data dari akses sebelumnya masih sedang ditransfer. Digunakan di bagian akhir tahun 1990-an.
    • VRAM ( Video random access memory ) Sebuah tua jenis dual-porting memori sekali digunakan untuk framebuffer dari adapter video (video card).
    • SDRAM ( Synchronous dynamic random-access memory ) Ini adalah reorganisasi dari chip memori DRAM, yang menambahkan garis jam untuk memungkinkannya untuk beroperasi sinkron dengan komputer bus memori jam. Data pada chip dibagi menjadi bank sehingga dapat bekerja pada memori beberapa mengakses secara bersamaan, di bank terpisah. Ini menjadi tipe yang dominan dari memori komputer sekitar tahun 2000.
      • DDR SDRAM ( ganda data rate SDRAM ) Ini adalah modifikasi data rate meningkat, memungkinkan chip untuk mentransfer data yang dua kali memori (dua kata berturut-turut) pada setiap siklus clock oleh ganda memompa , mentransfer data pada kedua leading dan trailing tepi jam pulsa. Ekstensi dari ide ini adalah teknik (2012) saat ini sedang digunakan untuk meningkatkan memori tingkat akses dan bandwidth. Karena hal ini membuktikan sulit untuk lebih meningkatkan kecepatan clock internal dari chip memori, chip ini meningkatkan data rate dengan mentransfer data dalam blok yang lebih besar:
        • DDR2 SDRAM transfer 4 kata berturut-turut per siklus clock internal
        • DDR3 SDRAM transfer 8 kata berturut-turut per siklus clock internal.
        • DDR4 SDRAM transfer 16 kata per siklus berturut-turut clock internal. Hal ini dijadwalkan untuk debut pada tahun 2012.
      • RDRAM ( Rambus DRAM ) yang ganda alternatif data rate memori standar yang digunakan pada beberapa sistem Intel tapi akhirnya kalah bersaing dengan DDR SDRAM.
      • SGRAM (Synchronous grafis RAM) tipe khusus SDRAM dibuat untuk adapter grafis (video card). Hal ini dapat melakukan grafis yang berhubungan dengan operasi seperti masking bit dan menulis blok, dan dapat membuka dua halaman memori sekaligus.
      • PSRAM ( pseudostatik RAM ) Ini adalah DRAM yang memiliki sirkuit untuk melakukan me-refresh memori pada chip, sehingga bertindak seperti SRAM, memungkinkan kontroler memori eksternal yang akan dimatikan untuk menghemat energi. Hal ini digunakan dalam beberapa portabel pengendali permainan seperti Wii .
  • SRAM ( Static random-access memory ) yang bergantung pada beberapa transistor membentuk digital flip-flop untuk menyimpan setiap bit . Ini kurang padat dan lebih mahal per bit dari DRAM, tapi lebih cepat dan tidak memerlukan memori refresh . Hal ini digunakan untuk yang lebih kecil kenangan Cache di komputer.
  • Content-addressable memori ini adalah jenis khusus di mana, alih-alih mengakses data menggunakan alamat, kata data yang diterapkan dan memori mengembalikan lokasi jika kata tersebut disimpan dalam memori. Hal ini sebagian besar tergabung dalam chip lain seperti mikroprosesor di mana ia digunakan untuk memori cache .

Memori nonvolatile mempertahankan data yang tersimpan di dalamnya selama periode ketika kekuatan untuk chip dimatikan. Oleh karena itu digunakan untuk memori dalam perangkat portable, yang tidak memiliki disk, dan removable kartu memori antara penggunaan lainnya. Tipe utama adalah: [2] [3]

  • ROM ( Read-only memory ) ini dirancang untuk menyimpan data permanen, dan dalam operasi normal hanya membaca dari, tidak ditulis. Meskipun beberapa jenis dapat ditulis ke, proses penulisan lambat dan biasanya semua data dalam chip harus ditulis ulang sekaligus. Hal ini biasanya digunakan untuk menyimpan perangkat lunak sistem yang harus dapat segera diakses komputer, seperti BIOS program yang dimulai komputer, dan perangkat lunak untuk perangkat portabel dan komputer tertanam seperti mikrokontroler .
    • Mask ROM diprogram Dalam jenis ini data diprogram ke dalam chip selama pembuatan, sehingga hanya digunakan untuk berjalan produksi yang besar.
    • PROM ( Programmable read-only memory ) Pada tipe ini data ditulis ke dalam chip sebelum diinstal di sirkuit, tapi hanya dapat ditulis sekali. Data ini ditulis oleh memasukkan chip ke dalam alat yang disebut PROM programmer.
    • EPROM ( bisa dihapus programmable read-only memory ) Pada tipe ini data di dalamnya dapat ditulis ulang dengan menghapus chip dari papan sirkuit, mengekspos ke sinar ultraviolet untuk menghapusnya, dan menghubungkannya ke programmer PROM. Hal ini sering digunakan untuk prototipe dan perangkat produksi kecil berjalan, di mana program di dalamnya harus diubah di pabrik.
    • EEPROM ( elektrik dihapus programmable read-only memory ) Pada tipe ini data dapat ditulis ulang elektrik, sedangkan chip pada papan sirkuit, tapi proses penulisan lambat. Tipe ini digunakan untuk menyimpan firmware , microcode tingkat rendah yang menjalankan perangkat keras, seperti BIOS program di kebanyakan komputer, sehingga dapat diperbarui.
  • NVRAM ( Flash memory ) Pada tipe ini proses penulisan adalah penengah dalam kecepatan antara EEPROMS dan memori RAM, bisa ditulis, tetapi tidak cukup cepat untuk melayani sebagai memori utama. Hal ini sering digunakan sebagai versi semikonduktor dari hard disk , untuk menyimpan file. Hal ini digunakan dalam perangkat portable seperti PDA, USB flash drive , dan removable kartu memori yang digunakan dalam kamera digital dan ponsel .
  • MRAM ( Magnetoresistive random-access memory )

DAFTAR PUSTAKA :

http://en.wikipedia.org/wiki/Semiconductor_memory

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Ads